Ny. Maya Zahir Hadiri Peringatan Hari Kanker Sedunia


  • By Dinas Kesehatan
  • 06 Feb 2023
  • 12:41:43
  • Berita Pemerintahan

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Batu Bara Ny. Hj. Maya Indriasari Zahir, S.E., menghadiri peringatan Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) yang digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman No. 41 Medan, Sabtu (04/02/2023).

Turit hadir dalam kegiatan itu Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugroho mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis bersama Sekretaris YKI Sumut Zahara Nasution, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut Alwi Mujahit Hasibuan, serta Ketua Umum YKI Pusat Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD., KHOM.

Sekdaprov Sumut Arief menyebut bahwa peningkatan edukasi masyarakat mengenai kanker perlu dilakukan. Hal tersebut untuk mencegah terjadinya penambahan kasus kanker di Indonesia, khususnya Sumut.

"Mari kita tingkatkan partisipasi masyarakat untuk lebih peduli pada kesehatannya, melakukan perilaku hidup sehat sehari-hari, sehingga penyakit-penyakit seperti kanker ini tidak datang," kata Arief. 

Sedangkan Ketua YKI Sumut Nawal Lubis mengharapkan masyarakat semakin sadar dengan penyakit kanker. Sehingga masyarakat bisa melakukan deteksi dini kanker pada dirinya. 

“Penyakit kanker apabila dideteksi sejak awal akan mudah ditangani. Sehingga tidak membutuhkan pengobatan yang banyak dan waktu yang lama," ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit mengatakan hampir 70% kasus kanker ditemukan saat sudah stadium lanjut. Padahal apabila didiagnosis lebih awal, pasien bisa bertahan hidup lebih lama dibanding yang terlambat didiagnosis kanker. 

Selain itu, biaya penanganan penyakit kanker sangat mahal. Penanganan kanker tahun 2021 dan 2022  di Indonesia memakan biaya sebesar Rp 3,5 triliun.

Pemprov Sumut pun memiliki berbagai program pencegahan dan pengendalian kanker pada tahun 2022, di antaranya melakukan deteksi dini kanker serta memberikan pelatihan deteksi dini kanker di setiap kabupaten/kota. 

World Cancer Day kali ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti lomba video tentang kanker, seminar nasional, hingga cerdas cermat seputar kanker. 

Pada kegiatan tersebut, Kabupaten Batu Bara berhasil meraih juara 2 lomba video edukasi kanker (Cerdik) dengan bahasa daerah dan juara 2 lomba cerdas cermat antar kabupaten/kota se-Sumut.