Ketua TP-PKK Batu Bara Berikan Vitamin A untuk Balita di Posyandu


  • By Dinas Kesehatan
  • 19 Agust 2022
  • 10:10:54
  • Berita Pemerintahan

 Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteran Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir, S.E., meninjau pelayanan Posyandu dan memberikan vitamin A kepada balita di Posyandu Pembantu Desa Sumber Makmur, Kecamatan Lima Puluh, Batu Bara, Senin (15/08/2022).

Menurut Ny. Maya Zahir, pemberian vitamin A ini bertujuan untuk memberikan kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan tubuh balita. Di Posyandu yang dikunjungi Ny. Maya Zahir ada sebanyak 120 balita akan diberikan vitamin A yang rutin dan serentak dilakukan di setiap Posyandu pada bulan Februari dan Agustus. 

Selain diberi vitamin A, para balita ditimbang sesuai dengan salah satu dari 10 indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Ny. Maya Zahir juga memberikan penyuluhan cara membasmi jentik nyamuk di bak mandi kepada warga saat memberikan pembinaan di Kantor Desa Sumber Makmur, serta ikut memanen sayur pare dan menebar benih ikan lele di kolam.

Dalam pidatonya, Ny. Maya Zahir menyebutkan Tim Penggerak PKK Kabupaten Batu Bara sebagai mitra pemerintah berkomitmen untuk ikut berpartisipasi dan melibatkan diri secara aktif dalam menyukseskan program pembangunan nasional dan program pembangunan daerah, salah satunya yakni dengan melaksanakan program PKK mewujudkan PHBS untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

“Gerakan PHBS bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat khususunya di Kabupaten Batu Bara. Inilah proses yang menjadi awal dari kontribusi individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat,” ungkap Ny. Maya.

Turut mendampingi Ny. Maya Zahir yakni Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Radiansyah Lubis, Kepala Puskesmas Lima Puluh Dina, Kepala Desa Sumber Makmur Aprianto, Tim Penggerak PKK Kecamatan Lima Puluh Desi Heryani dan Tim Penggerakn PKK Desa Sumber Makmur Surimariani.